Cara Menghapus Cache Telegram Desktop di Mac

Telegram menjadi platform mesengger utama saya terutama untuk komunikasi yang ada kaitannya dengan pekerjaan kantor. Selain memiliki feture messaging pada umumnya, Telegram memiliki beberapa kelebihan diantaranya:

  • Support Multi Device Login, dapat digunakan dibeberapa device dengan account login yang sama. Untuk memudahkan login, setiap kali login dari device baru, kode konfirmasi akan dikirimkan ke Telegram lain yang sudah dalam posisi log in. Seluruh aplikasi yang login pada device yang berbeda salin sinkron dan independen, kita bisa kirim chat dari device manapun. Jadi tidak perlu ada kekhawatiran saat Handphone off kita tetap bisa akses Telegram dari PC/laptop lain.
  • Telegram juga bisa mengirimkan chat maupun file gambar, video, dokumen dan lain sebagainya ke diri sendiri (save messages). Jadi kita seperti punya cloud storage yang bisa diakses dari Telegram.

Namun selain kelebihan diatas dari pengalaman saya Telegram juga memiliki kekurangan antara lain:

Akses melalui Telegram Web kadang-kadang atau bahkan bisa dibilang sering terasa lambat :). Saat membuka Telegram via web/browser sering kali muncul pesan connecting padahal koneksi internet lancar akibatnya kirim chat delay dan kirim/buka gambar pun jadi butuh waktu agak lama untuk bisa tampil.

Apalagi jika koneksi internet sedang tidak bagus, dijamin akan lebih sering mengalami error connecting di Telegram Web.

Karena sering mengalami kendala tersebut ketika akses Telegram Web maka saya alternatifnya adalan menginstall Telegram Desktop. Masalah error connecting sudah jarang muncul. Kirim chat maupun gambar juga relatif bisa cepat. Hanya saja masalah lain yang muncul adalah file cache Telegram cepat sekali membesar. Cache merupakan file yang disimpan sementara di hardisk ketika kita menggunakan suatu aplikasi.

File Cache Telegram Desktop
File Cache Telegram Desktop

 

File cache Telegram desktop ini bertambah sangat cepat dan by default Telegram tidak membatasi size file cache yang disimpan. Kenapa file cache Telegram dapat bertambah besar dengan cepat? Jawabannya karena setiap data yang anda download maupun upload melalui Telegram akan disimpan di file cache. Bagi pengguna Mac Book Air yang mimiliki hardisk terbatas tentu sangat eman jika hardisk penuh hanya karena file cache. 

Menghapus Telegram Cache

Untuk menghapus cache pada Telegram Desktop cukup mudah, caranya:

Catatan: Menghapus cache tidak berarti akan menghapus file di Telegram. Kita tetap bisa mengakses file (text, media, document) dengan mendownload ulang karena file disimpan di server Telegram.

  1. Buka Telegram Desktop
  2. Buka menu Setting (gambar gear disebelah kiri bawah) | Data and Storage | Storage usage
  3. Klick Clear All untuk menghapus seluru cache, dan jika muncul pop up konfirmasi pilih clear all
Cara Menghapus Cache Telegram Desktop di Mac
Cara Menghapus Cache Telegram Desktop di Mac

Menghemat Penyimpanan File Cache Telegram

Jika anda ingin agar file cache Telegram tidak terlalu besar kita bisa atur melalui menu storage usage diatas.

  1. Atur Keep Media sesuai keinginan, bisa diubah jadi 1 minggu atau 1 bulan. Artinya jika data (photo/video) yang sudah didownload tidak diakses selama waktu tersebut maka akan di hapus dari storage local (cache) untuk menghemat disk.
  2. By default Telegram tidak membatasi besaran file cache, anda bisa set Maximum Cache Size maksimal menjadi 5 GB. Jika sudah mencapai 5 GB maka file cache yang lama akan dihapus. Maksud dari dihapus disini adalah dihapus dari disk loka, datanya masih tetap ada di server Telegaram. Meskipun menurut saya 5 GB masih cukup besar :).

Bagi anda pengguna Mac, file cache berlokasi di ~/Library/Group Containers/

*.ru.keepcoder.Telegram/account-* /postbox/media. Jika sekiranya file Cache Telegram anda masih melebihi 5GB meskipun sudah diset maximum file cachenya anda bisa coba hapus file di folder media tersebut 🙂

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *