Template Message & Session Message Pada WhatsApp Business API

Pada tulisan sebelumnya, saya sudah jelaskan tentang WhatsApp Business API. Beberapa tujuan utama penggunaan whatsApp API adalah Branding nama business di WhatsApp, sebagai platform customer support, Automation (Bot) serta untuk mengirimkan maupun menerima pesan dari customer yang dapat diintegrasikan dengan aplikasi internal perusahaan

WhatsApp Business API menyediakan API endpoint yang memungkinkan perusahaan untuk mengintegrasikan berbagai macam aplikasi internal dengan API WhatsApp. Ada 2 tipe message (chat) yang dapat dikirimkan melalui API WhatsApp yaitu Template Message dan Session Message.

Template Message

Template Message merupakan format text/pesan yang minimal memiliki 1 paramater yang sudah diapproved oleh pihak WhatsApp. Pesan ini dapat digunakan apabila user sudah mendaftarkan (opt-in) nomor WhatsAppnya. 

Template message minimal terdiri dari satu string atau biasa disebut placeholder menggunakan format double kurung kurawal ( {{…}} )yang dapat diisi dengan dynamic content, misal nama user, order id, OTP dan lain sebagainya.

Contoh Template Message:

Hi {{1}}, your One Time Password (OTP) is {{2}}. Use this password to validate your login

Placeholder {{1}} dan {{2}} merupakan variable yang diambil dari sistem, Berikut message diterima oleh user jika aplikasi mengirimkan message dari template diatas:

          “Hi Arif, your One Time Password (OTP) is 54321. Use this password to validate your login”
           

Beberapa contoh use case yang bisa diterapkan menggunakan Template Message antara lain

  1. Account update
  2. Alert
  3. Appoinment Update
  4. Auto reply
  5. Payment update
  6. One time password dan lain sebagainya

Session Message

Session Message adalah semua pesan yang dikirim dan diterima sebagai respond terhadap pesan yang diinisiasi (dimulai) oleh user anda ke Aplikasi. Session message dimulai ketika user mengirimkan pesan ke aplikasi dan session ini berlangsung selama 24 jam sejak pesan terakhir diterima oleh aplikasi. Selama 24 jam aplikasi yang kita miliki dapat mereply pesan dari user dengan text apapun termasuk mengirim media message dan url tanpa harus menggunakan template dan selama aplikasi mereply dalam waktu 24 jam sejak pesan terakhir dari user dihitung 1 session.

Use case untuk session message yang bisa diimplementasikan contohnya Customer support atau Automation (Bot)

Untuk lebih memperjelas lagi perbedaan antara Template Message & Session Message Pada WhatsApp Business API dapat melihat gambar di bawah ini:

Session Message & Template Message pada WhatsApp API
Session Message & Template Message pada WhatsApp API (landbot)

User yang pertama kali memulai chat ke sistem, kemudian perusahaan mereply pesan tersebut bisa reply otomatis via aplikasi (bot) maupun manual oleh customer support. ini disebut session message. Sistem dapat mereply dengan text apapun selama 24 jam sejak terakhir kali pesan diterima. Hari berikutnya sistem akan otomatis mengirimkan template message karena sudah lebih dari 24 jam. Dan yang perlu diingat Template Message bisa langsung dikirim ke user tanpa harus user inisiasi terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *