Kerja Remote

Minggu ini saya mendapatkan giliran kerja diluar kantor alias bisa kerja di mana saja tanpa harus datang ke kantor, istilah kerennya biasa dikenal dengan kerja remote. Kerja di luar kantor ini merupakan keleluasaan yang diberikan management untuk staff di tempat saya bekerja (PT. Excellent) yang diundi setiap 2 pekan sekali. Adanya kesempatan kerja remote ini merupakan gagasan dari Dhenandi dan Fajar dengan harapan dapat insight baru dan menghilangkan kejenuhan yang bisa saja muncul karena rutinitas sehari-hari. Jadi saya pribadi mengucapkan terima kasih kepada kedua anak muda ini atas gagasannya dan kepada pak Boss Vavai yang sudah menerima gagasan tersebut.

Tidak hanya keleluasan bisa kerja dimana saja, kantor juga memberikan uang operasional untuk makan, transport, sewa coworking space dan lain sebagainya ketika dapat jatah kerja diluar. Menyenangkan bukan? Saya jadi bisa merasakan suka dukanya kerja remote yang dirasakan beberapa teman saya yang saat ini lebih memilih full time remote jobs meskipun dalam waktu singkat.

Saya mengambil jatah kerja remote hari Senin kemarin. Kebetulan karena di Sabtu-Minggunya pas ada agenda pulang kampung ke Sukoharjo jadi sekalian saja bisa lebih lama di rumah :). Biar tidak tanggung-tanggung sekalian jauh dari kantor, namannya juga kerja remote :-P. Dan memang Team dibebaskan mengambil jatah cuti di hari apa saja, asalkan sebelumnya sudah memberi tahu HRD dan atasan.

Sebelumnya saya sudah mencari referensi beberapa tempat yang kira-kira nyaman untuk kerja sekaligus hangout. Setelah menimbang akhirnya saya memutuskan kerja remote di tempat ini:

  • Perpustakaan Kota Surakarta

Tempat pertama yang terfikir akan menjadi numpang kerja remote adalah Perpustakaan karena tempatnya yang relatif sepi, nyaman buat kerja bisa sambil membaca buku yang ada kalo lagi load kerjaan sedikit dan yang pasti biasanya jam bukanya agak pagi, Jam 08.00 sudah mulai buka. Pas dengan jadwal masuk kantor. karena kebetulan meskipun kerja remote jam kerjanya tetap menyesuaikan jam masuk dan pulang kantor.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta

Perpustakaan kota solo beralamat di  Jl. Hasanudin No.112, Punggawan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57132, Buka setiap hari dari jam 08.00 sampai jam 21.00 pada hari Senin-Kamis dan buka dari jam 08.00 – 16.00 Jum’at-Minggu.

Kesan pertama berkunjung ke perpustakaan dan arsip daerah kota solo, tempatnya lumayan nyaman, masuknya pun mudah tanpa perlu registrasi fasilitas wifinya pun gratis tanpa dipassword. Namun jika anda ingin meminjam buku untuk dibawa pulang wajib registrasi dengan syarat KTP warga kota Solo.

Tak terasa saya kerja remote disini sampai pukul 12.30an. Oiya untuk shalat di sini pun tidak perlu khawatir karena di sebrang perpustakaan ada masjid yang cukup besar.

  • Makan Siang di Mie Gacoan

Waktu Istirahat siang  cari makan yang  dekat dengan perpustakaan. Dari hasil google map ternyata ada outlet Mie Gacoan cabang Sriwedari tidak jauh dari perpustakaan hanya sekitar 1.6 KM. Kebetulan istri sudah lama ingin makan di Mie Gacoan dapat referensi dari teman katanya Mienya enak dan harganya murah. Yaa, kerja remote kali ini saya mengajak istri sebagai teman ngobrol. Beberapa kali sempat lewat outlet Mie Gacoan cabang Solo baru tapi tidak sempat mampir. Dan kalo dilihat Outletnya memang sering ramai pengunjung.

Dalam Bahasa Jawa, gacoan berarti jagoan atau andalan, sepertinya target warung makan ini adalah anak muda dengan design interior yang kekinian dan nyaman buat kongkow bareng temen. Nah, bagi anda yang suka dengan Mie serba pedas bisa menjadi referensi, Saya lihat hampir semua menu Mie yang disediakan hampir semuanya pedas.

Mie Gacoan Solo - Arifrahman.net
Mie Gacoan Solo – Arifrahman.net

Dan daya tarik lain kenapa Mie Gacoan ini sangat ramai mungkin karena harganya yang menurut saya sangat Murah, menu Mie hanya kisaran 8ribu – 12 ribu rupiah, dimsum dan lumpia udang sekitar 9 ribuan. Pantas saja Mie Gacoan menjadi pilhan banyak anak muda, antrian pesan via Grab/GoFood pun ramai.

Soal rasa, yaa lumayan lah dengan harga murah sudah dapat Mie dengan toping pangsit dan siomay.

  • Kognitif Coffee & Coworking Space
Salah Satu Sudut Ruangan di Kognitif coffee & coworking Space Solo
Salah Satu Sudut Ruangan di Kognitif coffee & coworking Space Solo

Lanjut setelah istirahat meluncur ke salah satu coffe shop di kota solo, namanya Kognitif coffee & coworking space yang beralamat di Jl. Arif Rahman Hakim No.63, Kepatihan Kulon, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57129 tidak jauh dari perpustakaan kota Solo hanya sekitar 2 KM. Tempatnya tidak terlalu besar tapi nyaman buat kerja, hangout atau kongkow bareng teman. Di salah satu ujung ruangan dibuat lesehan dan mejanya diset menempel di tembok, tersedia beberapa bantal dan colokan cukup banyak, buka laptop ndak perlu khawatir kehabisan battery

Minuman serta camilan yang tersedia juga cukup yummy, saya memesan coffee milk, chocolate dan pisang goreng. Takaran antara coffee dan milk-nya pas dan chocolate tidak terasa pahit. Saya di sini sampai sekitar pukul 16.30an. Overall kerja sambil ngopi disini cukup nyaman.

Conclusion

Sesuai dengan tujuan diadakannya giliran kerja remote ini adalah mendapatkan insight baru serta menghilangkan kejenuhan yang mungkin saja muncul karena rutinitas sehari-hari. Manfaat lain adalah bisa lebih banyak waktu dengan keluarga dan pemilihan tempat kerja yang lebih flexible.

Tapi tidak dipungkiri mungkin saja ada beberapa kekurangan bekerja remote diantaranya adanya gangguan dari external misal lokasi kerja yag dipilih kurang kondusif (terlalu ramai/tidak nyaman) dan mungkin kekurangan lain yang muncul adalah atasan tidak bisa monitoring full karena lokasinya yang berjauhan. Tapi bagi Team Excellent issue ini bisa dibilang sudah clear karena sehari-hari sebenarnya sistem kerjanya sudah semi remote dan terbiasa dengan sistem remote, seperti migrasi by remote, standby by remote paling komunikasi saja yang mesti tetap dijaga agar tidak terjadi miskomunikasi. Karena kunci kerja remote adalah komunikasi yang lancar.

Jadi tidak mentutup kemungkinankan kerja remote di Excellent harinya ditambahkan? misal 2 hari berturut-turut kerja diluar kantor 🙂

 

Salam

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *