Tentang Podcast

Tentang Podcast
Logo Podcast

Mungkin sudah banyak diantara kita yang sudah tahu dan paham apa itu podcast, tapi bagi anda yang belum mengenal istilah Podcast, saya coba jelaskan secara singkat pengertian dari Podcast.

Podcast adalah rekaman berbentuk audio (sekarang sudah ada juga yang berbentuk video) yang dapat didengarkan kapan saja melalui koneksi internet. Terdengar mirip seperti radio tapi sebenarnya berbeda. Beberapa perbedaan podcast dengan radio diantaranya:

  • Jika radio biasanya sifatnya live, kalo Podcast merupakan rekaman jadi kita bisa dengarkan kapan saja
  • Tidak perlu memilih frekuensi tertentu, otomatis ketika kita menyediakan layanan Podcast akan tampil ratusan bahkan jutaan penyiar di seluruh dunia.
  • Podcast tidak banyak iklan seperti di radio
  • Dan terakhir untuk mendengarkan Podcast tidak perlu bayar alias gratis 🙂

Di luar negeri Podcast sudah merupakan kata umum, tapi mungkin di Indonesia masih belum begitu populer makanya siaran Podcast lebih banyak yang berbahasa inggris. Sebenarnya Podcast singkatan dari kata iPod + Broadcasting, meskipun dicetuskan oleh Apple namun Podcast saat ini dapat di dengarkan melalui PC dan Smartphone (iPhone/Android/Windows Phone dll).

Saya pribadi walaupun sudah lumayan lama tahu tentang Podcast ini tapi baru benar-benar mulai mendengarkannya dari tahun 2018 kemarin. Salah satu podcast berbahasa Indonesia favorit saya adalah KEPO (Kirim dot Email Podcast). Berisi rekaman tips bisnis praktis, insight, rangkuman dari sebuah buku dan wawancara dengan tokoh/praktisi. Beberapa episode menarik di channel KEPO antara lain:

Dan masih ada episode lain yang menarik

Terakhir, menurut saya Podcast ini bisa menjadi salah satu media pembelajaran baik untuk tujuan mencari insight baru maupun untuk tujuan personal development. Karena berisi rekaman digital kita bisa mendengarkan kapan saja dan dimana saja. Bagi yang tidak terlalu suka membaca buku atau bahkan agak susah meluangkan waktu untuk membaca buku dalam waktu lama, mungkin Podcast bisa menjadi pilihan.

Dan bagi seorang karyawan seperti saya tidak mungkin saat jam kerja dihabiskan untuk membaca Buku. Kita bisa mendengarkan Podcast pilihan kita sambil bekerja. Sayangnya saya sendiri tidak terbiasa bekerja sambil mendengarkan audio, terlebih saat membuat laporan/tulisan, lebih suka suasana heningIya sehening mata kamu, eh Bening ya?!

Cukup sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *