Tips Memilih Keju Edam Terbaik, Produk Keju Tua dengan Rasa Gurih

Tips Memilih Keju Edam Terbaik, Produk Keju Tua dengan Rasa Gurih
Tips Memilih Keju Edam Terbaik, Produk Keju Tua dengan Rasa Gurih

Keju edam merupakan salah satu jenis keju yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, meskipun pada dasarnya keju ini bukan berasal dari Indonesia, melainkan produk keju khas negara Belanda. Bentuknya sendiri unik jika dibandingkan dengan keju yang lainnya, karena tampak memiliki bentuk bulat dan juga dilapisi menggunakan plastik khusus yang memiliki warna merah, sehingga tampak seperti sebuah apel.

 

Keju khas Belanda ini memiliki rasa yang cukup kuat karena memang di fermentasi untuk waktu yang agak lama. Rasanya juga tergolong renyah dan sangat gurih. Biasanya dimakan seperti mentega sebagai teman untuk minum anggur atau juga buah-buahan. Meskipun di Indonesia sendiri keju edam juga dijadikan sebagai bahan campuran dalam pembuatan kue. Meskipun bisa dikatakan bahwa edam cheese ini adalah produk keju yang sudah tua, karena memakan waktu fermentasi yang lama. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa produk yang dijual ke pasaran tidak semuanya adalah keju tua. Untuk itu berikut ini ada beberapa tips dalam memilihnya, yaitu:

 

  1. Teksturnya keras, keju yang merupakan hasil fermentasi cukup lama akan memiliki tekstur yang lebih keras jika dibandingkan dengan keju yang masih muda, untuk itu hal ini bisa dilihat dengan cara menekannya, apakah terasa empuk layaknya cheddar atau sebaliknya keju tersebut keras, keju yang keras ini artinya lebih tua. Sehingga ketika diparut keju yang usianya lebih tua ini akan langsung lembut seperti butiran tepung.
  2. Rasanya lebih gurih, dari segi rasanya sendiri keju tua akan lebih gurih dibandingkan dengan keju yang masih biasa.
  3. Warnanya putih, edam ini adalah keju yang memiliki warna putih meskipun melalui waktu fermentasi yang lama, terkadang dibungkus dengan kertas yang berwarna merah.

 

Ada banyak sekali harga keju Kraft yang dijual di pasaran dan bisa membeli di Tokowahab sekarang dengan banyak produk atau bahan baku kue juga sudah dijual secara online. Konsumen bisa dengan mudah membanding-bandingkan harganya dari satu toko dengan toko yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *