Tips Meningkatkan Alokasi Dana Tabungan

Tips agar bisa menyisihkan pendapatan untuk ditabung adalah mengurangi pengeluaran. Sekecil apapun pengeluaran tersebut tetap saja namanya pengeluaran yang artinya bisa mengurangi jatah dana yang bisa ditabung. Maka dari itu sebisa mungkin kita berusaha mengurangi pengeluaran terutama pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu atau bisa distop. Terutama Bagi karyawan, dengan gaji  yang biasanya nilainya kurang lebih sama tiap bulan (kecuali kalo ada bonus/tunjungan tertentu), “menutup celah yang bisa ditutup” adalah suatu keniscayaan, agar alokasi dana yang bisa ditabung bisa lebih besar.

Salah satu pengeluaran yang sebenarnya nilainya kecil tapi sering dilakukan adalah biaya Administrasi transfer antar bank. Saat ini biaya transfer antar Bank adalah Rp 6.500 per transaksi. Biasanya dalam sebulan kita bisa belasan atau bahkan puluhan kali transfer ke beda bank. Bahkan mau menabung saja kena biaya administrasi karena seperti saya ini, rekening untuk menerima gaji dan rekening tabungan saya bedakan banknya. Kalo dilihat biaya persatuannya memang kecil tapi jika diakumulasikan dalam sebulan nilainya lumayan juga. Kalo dalam sebulan 10x saja berarti habis Rp65.000 hanya untuk biaya transfer Bank, Itu kalo cuma 10x kalo lebih? yaa tinggal dikalikan 🙂

Tips Meningkatkan Alokasi Dana Tabungan
Tips Meningkatkan Alokasi Dana Tabungan

Kemudian yang jadi pertanyaan adalah apakah bisa menghilangkan biaya admin transfer antar bank? Jawabannya tentu saja Bisa. Caranya dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu https://flip.id. Aplikasi tersebut sudah release cukup lama, sejak Oktober 2016. Penjelasan serta cara penggunaan flip sudah pernah dituliskan secara detail oleh rekan saya Fajar Mukharom di salah satu postingan blognya.

Pengalaman saya selama kurang lebih satu tahun transaksi via flip so far cukup lancar, saya cukup terbantu dengan adanya flip. Namun sebagai catatan transfer via flip membutuhkan delay sekitar 30 menit kadang bisa lebih untuk bank populer. Jika ingin lebih cepat bisa memanfaatkan feature prioritas dengan biaya Rp2.500 masih lebih murah dari biaya transfer antar bank.

Nah, dengan menghilangkan biaya transfer antar bank yang kerap kita keluarkan, berarti kita bisa menambah alokasi dana yang ditabung 🙂

Sebelum saya akhiri, tips diatas hanya salah satu tips sederhana untuk mengurangi pengeluaran. Tentunya tips utama untuk meningkatkan alokasi dana tabungan adalah dengan manambah pendapatan dan investasi.

Mungkin tulisan Tips Meningkatkan Alokasi Dana Tabungan sangat sederhana, tapi semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru bagi yang belum tahu.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *