Migrasi Web Ke Plesk Web Host Edition

Beberapa waktu yang lalu seorang teman meminta bantuan untuk migrasi website ke provider lain. Sebenarnya domain dan hosting dia di provider yang lama sudah expired sejak pertengahan bulan ini. Namun beruntungnya domain belum memasuki masa Redemption Period jadi masih bisa direnewal dengan harga normal. Soalnya kalo sudah memasuki Redemption period maka biaya domain bisa menjadi 400% dari biaya normal. Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang siklus domain expired bisa membacanya disini.

Dan untuk data website beruntungnya juga masih ada backup dipihak provider sebelumnya. Jadi langkah yang bisa dilakukan adalah renewal domain tetap diprovider lama karena posisi domain sudah expired jadi tidak bisa ditransfer, kemudian untuk data website dimigrasikan ke provider hosting yang baru.

Sebenarnya migrasi website antar provider hosting cukup mudah jika menggunakan panel/platform yang sama. Misal jika sama-sama menggunakan WHM/cPanel kita bisa menggunakan feature Transfer Tool yang memang sudah disediakan. Tapi karena kebetulan hosting yang baru ini menggunakan Plesk jadinya mesti download-upload manual. Mungkin saja ada cara migrasinya tapi saya sendiri belum sempat cari lebih lanjut. Toh size websitenya tidak terlalu besar dan berbasis wordpress jadi cukup familiar konfigurasinya.

Kebetulan versi Plesk yang saya gunakan adalah versi Plesk Web Host Edition jadi featurenya cukup lengkap sudah include feature installer aplikasi wordpress, drupal dll secara otomatis mirip plugin softaculous atau fantastico kalo di cPanel.

Langkahnya kurang lebih sama dengan kita upload web ke cPanel, upload file web, Add database dan terakhir konfigurasi database namun karena agak beda interfacenya saja jadi mungkin bagi yang terbiasa menggunakan cPanel seperti saya, perlu sedikit waktu untuk penyesuaian.

Tampilan Client Plesk Web Host Edition

Jika di Cpanel upload file web di File Manager | Folder Public_html kalo di Plesk lokasi foldernya ada di File Manager | Httpdocs

Selanjutnya tambahkan database pada menu Add Database, sesuaikan releted site dengan nama domain web

Add Database Plesk

Langkah terkahir sesuaikan konfigurasi database di website anda, seperti nama database, user, password dengan informasi database yang baru saja dibuat. Dan jangan lupa arahkan IP ke server hosting yang baru atau ubah Name Server domain sesuai dengan yang diinformasikan oleh provider anda.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *