Tips Perpanjang STNK Diluar Jam Kerja (Area Sukoharjo, Jateng)

Kebetulan pajak Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) motor saya jatuh tempo pada bulan 11 (November) ini, mau tidak mau mesti pulang kampung untuk mengurus perpanjangan STNK tersebut. Karena sepengetahuan saya untuk perpanjang STNK belum memungkinkan dilakukan di SAMSAT beda provinsi/daerah dimana plat nomor diterbitkan. Saat ini saya berdomisili di daerah plat B (Bekasi) sedangkan motor saya berplat nomor AD (Sukoharjo).

Sebelumnya saya kebayang repotnya mengurus perpajang STNK, mesti datang pagi-pagi ke kantor SAMSAT agar dapat antrian lebih awal kemudian ngantri berjam-jam dan ketemu calo yang menawarkan bantuan perpajangan dengan harga yang lebih tinggi. Ternyata saat saya pulang kemarin, tidak perlu lagi mengorbankan waktu lama-lama di SAMSAT guys untuk hanya sekedar perpanjang STNK.

Apalagi bagi pekerja kantoran seperti saya aka budak corporate (sebutan sindiran dari temen saya) biasanya mesti cuti 1 hari untuk mengurus perpanjangan STNK, lha kalo punya 4 motor dalam setahun berarti mesti izin 4 hari :). Walaupun biasanya SAMSAT buka juga sih di hari Sabtu, tapi biasanya antrian penuh dan cuma buka setengah hari jadi waktunya mepet. Kalo cuti cuma digunakan hanya untuk sekedar perpanjang STNK kan eman-eman :D. Mending cuti disimpan buat dipakai untuk piknik! 🙂

Menurut pengalaman saya ada dua alternatif bagi anda yang ingin perpanjang STNK (area Sukoharjo) tanpa harus pergi ke SAMSAT di jam kerja:

Mobil SAMSAT Keliling di Car Free Day Sukoharjo

Bagi warga Sukoharjo, tentu tidak asing dengan Car Free Day yang diadakan setiap hari Minggu di jalan Veteran (Alun-alun Sukoharjo). Sambil sarapan pagi di Car Free Day sukoharjo, saya tidak menulis olah raga tapi sarapan karena memang kenyataanya ke sana untuk cari Sarapan :D, bisa sambil perpanjang STNK di mobil SAMSAT keliling yang standby selama Car Free Day berlangsung. Lokasi standby mobil tersebut biasanya di depan gedung DPRD Sukoharjo deket Alun-alun.

Perpanjangan pajak STNK tahun lalu saya lakukan di mobil SAMSAT di Car Free Day ini, Antrian tidak banyak, pelayanan cepat. Cukup bawa Surat STNK dan KTP Asli.

Mobil SAMSAT Keliling di depan Toserba Mitra Sukoharjo

Mobil SAMSAT Keliling Sukoharjo (Source cahbrogo.net)

Karena kebetulan hari Minggu waktu pulang kampung kemarin ada acara silaturrahmi ke saudara, saya coba nanya2 apakah ada Mobil SAMSAT keliling selain di Car Free Day dan ternyata ada. Setiap hari Senin – Sabtu mobil SAMSAT keliling standby di depan Toserba Mitra Sukoharjo atau di sebrang pasar Sukoharjo mulai pukul 16.00 – 20.30. Antrian cenderung sepi, jadi bisa langsung dilayani tanpa antri.

Syaratnya sama, cukup bawa STNK dan KTP Asli, Btw, disana juga ada orang yang jual sampul/plastik STNK jika ingin ganti baru.

Akhirnya STNK sudah diperpanjang tidak khawatir lagi kalo ada operasi Zebra dan sejenisnya. Walaupun masih ada kekhawatiran lain lagi sih, kira-kira pajak yang saya bayarkan dan warga Indonesia lain, benar digunakan untuk meningkatkan kemakmuran negara tidak ya? atau cuma untuk memakmurkan Gayus Tambunan dan kawan-kawannya? 

Semoga bermanfaat 

Arif Rahman

About the Author: Arif Rahman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *