Pengalaman Mengambil Sertifikasi VCP (VMware Certified Professional)

Intro

Sekitar awal bulan April 2018 dapat info dari rekan sekantor kalo saya akan dikirim untuk Training VMware ke salah satu Distributor. Awalnya tanggapan saya biasa saja karena pikiran saya waktu itu hanya sebatas training untuk Exam Accreditation yang biasa dilakukan seperti sebelum-sebelumnya. Ketika mendekati mau training baru nyadar, ternyata training yang mau diambil tidak sembarangan VMware vSphere ICM (Install, Configure, Manage) plus vSAN broh! yang kisaran biaya training tersebut lebih dari $4000. Mengetahui training yang akan diambil sempat ada perasaan ‘deg’ juga, kekhawatiran utama sih kalo ndak lulus Examnya. 🙂

Training VMware ICM + vSan

VMware vSphere: Install, Configure, Manage plus vSAN Fast Track [V6.5]
VMware vSphere: Install, Configure, Manage plus vSAN Fast Track [V6.5]
Dari kantor tempat saya berkerja mengirimkan 2 Team, saya dan rekan kerja Maryadi Aris Munandar. Agar bisa mengambil sertifikasi VCP (VMware Certified Professional), VMware memang mewajibkan mengikuti Training vSphere ICM terlebih dahulu. Jadi setelah mengikuti training dan di-marked as complete oleh instruktur baru kita bisa ambil Exam VCP. Makanya saran saya pastikan masuk terus dan mengisi absen selama training. Tambahan info, Training vSphere ICM yang diambil mesti resmi dari VMware yang diselanggarakan oleh VMware Authorized Training Center.

Kebetulan Training yang saya ikuti ini merupakan program fast track untuk partner jadi 5 Hari sudah include Training vSphere ICM dan vSan. Sesuai namanya fast track penyampaian materi juga cepat, bahkan bisa dibilang sangat cepat, maklum materi banyak waktu terbatas. Sehingga terpaksa beberapa task Hand on Labs diskip dikerjakan diluar jam Training, waktu Training fokus digunakan untuk penyampaian materi.

Untuk lokasi classroom yang saya ikuti berada di jalan Gatot Subroto, Semanggi, Jakarta sedangkan domisili di bekasi jadi tiap hari selama Training mesti PP Jakarta-bekasi. Yaa butuh effort yang lumayan juga untuk menuju lokasi, berangkat bersama terbitnya mentari dan pulang bersama munculnya rembulan. hehehehe 😀

VMware termasuk salah satu provider yang sangat bagus memanage education service-nya, seluruh Courses, Accreditation dan Certification yang kita ambil akan ter-record di portal akun kita. Sewaktu mengikuti training kita akan diminta membuat akun di https://mylearn.vmware.com dan eVantage untuk mengakses modul training karena untuk modul tidak lagi diberikan dalam bentuk hardcopy tapi sudah dalam bentuk softcopy melalui eVantage.

Exam VCP

Jum’at 13 April 2018 Training VMware vSphere ICM dan vSan selesai tapi sampai akhir Juni 2018 belum ambil Exam VCP. Bisa dibilang jaraknya terlampau cukup lama, padahal sebaiknya maksimal 1 bulan dari setelah Training sudah ambil Exam paling tidak kan ilmu/materi training masin “nyantol”mengerjakan soalnya pun jadi lebih mudah. Dan menurut pengalaman saya persiapan sesungguhnya kalo kita sudah menentukan tanggal dan register Exam. Karena waktu Exam sudah pasti kita jadi lebih bersemangat dan belajar maksimal apalagi kalo ingat biaya training+exam yang tidak sedikit pasti tambah semangat lagi deh prepare untuk ujiannya plus ditambah lagi motivasi malu kalo gagal, udah dibayarin mosok yo gagal 🙂

Akhirnya pertengahan Bulan Juli register Exam VCP untuk pertengahan juli juga, Tanggal 16 Register untuk Exam tanggal 20 Juli, kebayang mepetnya kan gaes :D. Ditambah lagi syarat mengambil Exam VCP harus sudah mengambil Exam VMware 6.5 foundation dan harus lulus, tambah kebayang lagi puyengnya kan, ndak sampai seminggu harus ambil 2 Exam. *Adegan berbahaya jangan ditiru.

Venue Exam VMware Certified Professional
Venue Exam VMware Certified Professional

Training VMware foundation sifatnya online via Pearson VUE jadi bisa dimana saja, setelah register Exam kita akan diberi batas waktu 2 hari, jumlah soal sekitar 70 dengan waktu 105 menit multiple choice. Untuk yang Exam VCP sama sifatnya online via Pearson VUE tapi harus on site di salah satu Training Center VMware soalnya sama dengan yang foundation 70 soal waktu 105 menit multiple choice. Kedua training tersebut bisa register dan memilih waktunya secara mandiri di portal My Learn VMware.

Dari ujian VCP yang saya ikuti kemarin, rata-rata VCP berkaitan dengan Teori Tentang vSphere (ESXi, vCenter, vSan, Lisensi, Feature dll) ada juga tentang teknis misalnya ditanyakan soal cara redeploy SSL Certificate pada HA (High Availability) dari jawaban yang ada kita memilih jawaban yang paling benar. Yang membingungkan kalo satu soal disuruh memilih dua atau tiga jawaban kalo salah satu kan sama saja salah semua hehehehe.

Jum’at 20 Juli 2018 pukul 14.00 WIB saya mengambil ujian disalah satu venue Training Center VMware di PT. Inovasi Informatika Indonesia (I3) berlokasi Jl. Gatot Subroto, Setia Budi Jakarta. Sebelum masuk rungan Training kita diminta menitipkan Tas, Laptop, HP dan jaket di loker kemudian mengisi form dari Pearson VUE baru boleh mengikuti Exam.

Sekitar pukul 16.00 WIB ujian selesai hasilnya langsung dapat diketahui, Alhamdullah LULUS (Pass) rasanya Bahagia … Ploongg … Lega … 🙂 Resmi jadi Arif Rahman Hakim, VCP Ahay 😀

Tips Lulus Exam VCP

Masing-masing orang pasti memiliki tips atau kiat-kiat lulus ujian dan mungkin tiap orang berbeda dan berikut beberapa tips saya untuk bisa lulus Exam :

  1. Berdoa, tidak hanya mengandalkan Do’a dari diri sendiri tapi juga minta Do’a ke orang tua/Keluarga, Istri (bagi yang sudah punya) dan Teman semakin banyak yang mendo’kan kemungkinan di-“ijabah”nya lebih besar.
  2. Berusaha, ada yang bilang Berdoa tanpa Usaha sama aja Bohong dan Berusaha tanpa Berdoa adalah Sombong, Jadi Do’a harus diiringi usaha. Usaha yang bisa ditempuh sebelum mengambil sertifikasi VCP diantaranya :
    Sering ngoprek VMware atau kalo memang pekerjaan hariannya handle VMware akan jadi nilai plus dalam mengerjakan soal.
    Mencoba soal-soal Exam VCP dari Internet
    Mengambil Exam Accreditation yang disediakan gratis dari VMware kalo perusahaan tempat anda bekerja menjadi partner VMware
    Mengambil Training VMware di perusahaan konsultan IT, ini bukan training resmi jadi secara biaya masih terjangkau tapi sangat bermanfaat untuk modal skill dan ambil sertifikasi, contohnya Training Virtualisasi yang diadakan rutin di PT. Excellent Infotama Kreasindo
  3. Miliki Motivasi Lebih, dengan motivasi lebih kita bisa lebih semangat prepare dan belajarnya. Misalnya memiliki motivasi dengan punya sertifikat VCP kita bisa lobi atasan untuk kenaikan gaji 😀
  4. Tawakal, Terakhir tentunya bertawakkal kepada Allah Subhanahu Wata’ala, Menyerahkan hasil akhir kepada-Nya.

Sebenarnya tips diatas tidak hanya untuk kiat-kiat Lulus Ujian Sertifikasi VCP (VMware Certified Professional) saja, tapi untuk ujian yang sifatnya global, ketika menghadapi Ujian Kehidupan misalnya jadi kultum Hehehehe :). Semoga Bermanfaat cheers … !

Arif Rahman

About the Author: Arif Rahman

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *